Laman

Sabtu, 04 Oktober 2014

Layanan Aplikasi di Internet



WWW (World Wide Web)
World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera. Software-software ini nanti akan dibahas secara detail dalam bagian lain di Mata Kuliah Desain Grafis Web.

World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.

Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.

Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.

Email (electronic mail)
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar perpengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Internet memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:
1.      Kelebihan penggunaan email
  1. Nyaman : untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang, e-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
  2. Cepat: hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
  3. Murah: biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. 
  4. Hemat sumber daya: kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
  5. Global: E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
  6. Reliabel: kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
  7. Pesan multimedia: pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.

2.      Kelemahan penggunaan email
  1. Salah kirim: bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan. 
  2. Rawan penyadapan: ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia. 
  3. Pemalsuan identitas: kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya. 
  4. Kebanjiran e-mail: hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
  5. Sampah e-mail: banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan. 
  6. Respon terlambat: tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

Search egine
Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/ blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors). Contohnya: google.com, yahoo.com, ask.com, bing.com.

Chatting
CHATTING ADALAH. . . .

Percakapan interaktif antarsesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, maupun suara. Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting ini, baik melalui SMS, aplikasi messenger seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, mIRC, dll.



Netiquette
Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.

Sebenarnya Netiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah :
-    Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua property anda, dapat dari mulai mengamankan computer anda dengan memasang anti virus atau personal firewall
-    Jangan terlalu mudah percaya dengan internet, sehingga anda dengan mudah megunggah data pribadi anda. Dan anda harus betul betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
-        Dan yang paling utama adalah hargai pengguna lain di internet.

Beberapa contoh kasus netiquette:
a.     Seseorang  membuat thread di www.olx.co.id tentang penjualan barang elektronik (seperti laptop, handphone) kemudian di post, setelah itu ada yang mengomentari threadnya dengan menggunakan kata-kata yang sangat kasar dan menjatuhkan reputasi pembuat thread tersebut. Lalu komentar pun langsung di hapus oleh admin yang bertugas di situs tersebut.
b.    Upload atau mengunggah video-video atau gambar porno. Ini bisa berdampak negatif bagi yang melihatnya terutama bagi kalangan remaja dan anak-anak. Hal itu dapat merusak moral dan kepribadian mereka  nantinya.
c.   Tidak jauh berbeda seperti yang diatas sebelumnya, hanya saja berbeda konteks masalah yaitu mengupload foto atau data pribadi kita. Belakangan ini terjadi kejahatan di dunia maya seperti mengubah atau mengedit foto-foto menjadi tidak senonoh padahal foto aslinya terlihat biasa saja. Inilah yang sangat merugikan kita terutama dapat mencemarkan citra buruk dari diri kita sendiri.
d.  Jejaring sosial seperti facebook, belakangan ini ada seseorang yang memalsukan semua data pribadi diri nya untuk tujuan tertentu yang motif utamanya untuk menjerat orang lain agar percaya dan menipunya. Oleh karena itu kita harus sangat berhati-hati dan jangan cepat percaya pada orang yang baru kita kenal apalagi belum pernah bertemu secara langsung. Kejahatan seperti penculikan yang juga terjadi di facebook, lebih ironisnya penculikan itu banyak terjadi pada anak perempuan yang masih remaja dan sangat muda.

Kunci utamanya:
Sebagai makhluk sosial hendaknya menaati peraturan yang ada dimana saja, baik itu di dunia nyata atau pun di dunia maya. Hargai orang lain jika ingin dihargai oleh orang lain.

Sumber:

Tabel Kinerja:
No.
Nama
NPM
Peran
1.
ASYIFA ALAFI ANDARI ARYA
11513472
Pengertian Netiquette
2.
ELAN HANDAYANA
12513852
Pengertian Email
3.
HAWA ANINDITA BUDIARGA
13513982
Pengertian search egine
Contoh search egine
4.
MARIA THAHERA
15513286
Contoh Netiquette
5.
OCTAVIA PURI LESTARI
16513753
Pengertian www
6.
NUR RASIANA PUTRI
16513626
Pengertian chatting
Contoh aplikasi chatting
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar