DEFINISI
Kalian pasti tidak asing lagi kan dengan kata
“Komunikasi”. Apa sih pengertian komunikasi? Dibawah ini akan saya jabarkan pengertian
komunikasi menurut para ahli. Selamat menyimak. Menurut:
1. Carl
I. Hovland
Komunikasi : Proses
dimana individu / komunikator megoperkan stimulan biasanya dengan
lambang-lambang bahasa (verbal maupun non-verbal) untuk mengubah tingkah laku
orang lain.
2. Theodorson
dan Thedorson
Komunikasi : Penyebaran
informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain
terutama melalui simbol-simbol.
3. Edwin
Emery
Komunikasi : Seni menyampaikan
informasi, ide dan sikap seseorang
kepada orang lain.
kepada orang lain.
4. Delton
E, Mc Farland
Komunikasi : Suatu proses interaksi yang
mempunyai arti antar sesama
manusia.
manusia.
5. William
Albig
Komunikasi : Proses
sosial, dalam arti pelemparan pesan / lambang yang mana mau tidak mau akan
menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku
manusia dan adat kebiasaan.
6. Charles
H. Cooley
Komunikasi : Suatu
mekanisme suatu hubungan antarmanusia dilakukan dengan mengartikan simbol
secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.
7. A.
Winnet
Komunikasi : Proses
pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan
suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan
maksud tersebut.
8. Karlfried
Knapp
Komunikasi : Interaksi
antarpribadi yang menggunakan sistem simbol lingustik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan nonverbal. Sistem
ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka / melalui media lain
(tulisan, oral, visual).
Banyak definisi
komunikasi yang di ungkapkan para ahli. Selain para ahli diatas, para peneliti
psikologi juga ikut mendefinisikan komunikasi.
1. Hovland,
Janis dan Kelly (para psikolog) mendefinisikan komunikasi sebagai:
“The
process by which an individual (the communicator) transmits stimuli (usually
verbal) to modify the behavior of other individuals (the audience)”
(1953:12).
2. Dance
(1967) mengartikan komunikasi dalam kerangka psikologi behaviorisme sebagai
usaha “menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal”, ketika
lambang-lambang verbal tersebut bertindak sebagai stimuli.
3. Raymond
S. Ross (1974) mendefinikan komunikasi sebagai:
“A
transactional process involving cognitive sorting, selecting, and sharing of
symbol in such a way as to help another elicit from his own experiences a
meaning or responses similar to that intended by the source”.
4. Kamus
psikologi Dictionary of Behavioral
Science, menyebutkan pengertian komunikasi:
a) The transmission of energy change
from one place to another as in
the nervous system of transmission of sound
waves. (Penyampaian
perubahan energy dari satu tempat ke
tempat yang lainnya
seperti dalam sistem saraf atau penyampaian
gelombang-
gelombang suara).
b)
(Communication
theory). The process whereby system influences another
system through
regulating of the transmitted signal. ((Teori Komunikasi).
Proses yang dilakukan satu sistem untuk mempengaruhi sistem yang
lain melalui
pengaturan signal-signal yang disampaikan).
DIMENSI-DIMENSI
KOMUNIKASI
Dalam komunikasi terdapat dimensi-dimensi di
dalamnya. Dimensi-dimensi tersebut meliputi:
·
Isi : Apa
yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang
dengan orang yang lain atau bahkan lebih.
dengan orang yang lain atau bahkan lebih.
·
Kebisingan : Tinggi
rendahnya suara yang terdengar dalam melakukan
komunikasi.
komunikasi.
·
Jaringan : Sejauh
mana seseorang meluaskan informasinya dalam
melakukan komunikasi, ada komunikasi yang
bergantung pada jaringan satelit, media sosial.
melakukan komunikasi, ada komunikasi yang
bergantung pada jaringan satelit, media sosial.
·
Arah : Terdapat 2 arah
dalam komunikasi yaitu
a. Komunikasi 1 arah
Hanya ada satu orang yang berbicara,
dengan cara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih. Contohnya
promosi produk atau guru dikelas.
b. Komunikasi 2 arah
Interaksi antara satu orang
menyampaikan informasi untuk satu orang atau lebih, dan juga ikut berbicara
sehingga terciptanya interaksi.
Setelah mengetahui dan memahami
penjelasan komunikasi diatas, kita mengetahui definisi komunikasi lebih luas
dan dalam komunikasi pun terdapat dimensi-dimensinya. Dimensi tersebut tanpa
kita sadari hal tersebut juga berlangsung saat kita melakukan komunikasi dengan
orang lain. Contohnya:
Saat
sedang menyampaikan informasi barang atau jasa. Dimensi isi, kebisingan, dan
arah terdapat di dalamnya. Dimana dimensi isi itu berada dalam isi informasi,
sedangkan kebisingan berada dalam tinggi rendahnya suara sehingga terdapat
kejelasan dalam penyampaian informasi. Dan dalam contoh ini arah yang sedang di
lakukan yaitu dengan komunikasi satu arah. Satu orang yang berbicara dengan
menyampaikan informasi untuk satu orang atau lebih.
Daftar
Pustaka:
- Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Jakarta: MedPress (Anggota IKAPI).
- Muhammad, Arni. 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.
- Rakhmat, Jalaludin. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar