Laman

Minggu, 27 September 2015

Management and Organization



MANAGEMENT (MANAJEMEN)

Mungkin Anda sering mendengar kata “Manajemen”. Tahukah Anda apa itu Manajemen? Banyak pendapat yang dikemukakan para ahli tentang pengertian manajemen. Pendapat tersebut berbeda satu sama lain. Perbedaan terjadi karena adanya perbedaan tinjauan tentang manajemen itu sendiri. Dibawah ini pengertian manajemen ditinjau dari beberapa segi yaitu:
1.      Seni (Art)
 Marry Parker Follett mengatakan bahwa “Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain”.

2.      Ilmu Pengetahuan
Menurut Luther Gulick, manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

3.      Proses
James A.F. Stoner mengatakan bahwa, “Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah di tentukan.

Dari pengertian manajemen di atas, dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lain untuk mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.

ORGANIZATION (ORGANISASI)




            Dibawah akan di jelaskan pengertian organisasi menurut beberapa ahli. Semoga bermanfaat. Organisasi menurut:
-          James D. Mooney
Organization is the form of every human association for the attainment of common purposes. (Organisasi merupakan bentuk dari setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama).

-          Dwight Waldo
Organisasi merupakan struktur daripada hubungan-hubungan atas dasar wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

-          Herbert A. Simon
Organization is the complex pattern of communication and other relations in a group of human being. (Organisasi merupakan pola komunikasi yang kompleks dan hubungan-hubungan lain dalam suatu kelompok manusia).

-          Chester I. Barnard
Organisasi merupakan suatu sistem usaha bersama antara dua orang atau lebih, sesuatu yang tidak berwujud dan tidak bersifat pribadi, yang sebagian besar mengenai hubungan-hubungan manusia.

-          John D. Millet
Organization is people working together, and so it takes on characteristic of human relationship which are involved in group detivity.

-          S. Prajudi Atmosudirdjo
Organisasi itu sebagai struktur tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang-orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan.

-          Egdar Schein (1973)
An organization is the rational coordination of the activities of a number of people for the achievement of some common explicit purpose or goal, through devision of labor function, and through a hierarchy of outhority and responcibility.

-          Sondand P. Siagian
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hirarki dimana selalu terdapat hubungan antara seseorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seseorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

-          Ananda W.P. Guruge (1977)
Organization is defined as arraging a complex of tasks into manageable units and defining the formal relationships among the people who are assigned the various tasks.

Setelah mengetahui keduanya, ternyata manajemen dan organisasi terdapat hubungan keterkaitan. Dimana organisasi sebagai wadah dari manajemen yang saling mempengaruhi. Jika suatu organisasi baik tetapi manajemen didalamnya tidak baik, maka organisasi tersebut tidak dapat bergerak, begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu untuk dapat menggerakan suatu organisasi di butuhkan manajemen yang baik. Sedangkan untuk mendapatkan manajemen yang baik, dibutuhkan kesadaran pada pelaksananya.


Daftar Pustaka
  • S, Alam. (2007). Ekonomi Untuk SMA dan MA kelas XII Jilid 3. Jakarta: Erlangga. 
  • Gibson, James L., dkk. (1994). Organisasi jilid 2 edisi 5. Jakarta: Erlangga. 
  • Sarwono, Sarlito Wirawan. (2005). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka. 
  • Wursanto, Ig. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar