Laman

Selasa, 24 Desember 2013

Tanggung Jawab



            Tanggung jawab menurut kamus bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sedangkan bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatunya dan menanggung akibat dari apa yang telah diperbuat. Selain itu tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di lakukan baik dengan sengaja maupun dengan tidak di sengaja serta merupakan wujud kesadaran akan kewajiban yang bersifat kodrati. Sifat kodrati artinya sudah menjadi bagian hidup manusia bahwa setiap manusia di bebani dengan tanggung jawab. Manusia yang beradab adalah manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat dari perbuatan baik atau buruk yang di perbuatnya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan.
            Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala yang menjadi tanggung jawabnya dan orang yang bertanggung jawab adalah orang yang mau berkorban demi kepentingan orang lain. Tanggung jawab erat kaitannya dengan kewajiban. Kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang. Kewajiban merupakan bandingan terhadap hak, dan dapat juga tidak mengacu kepada hak. Maka dengan tanggung jawab dalam hal ini adalah tanggung jawab terhadap kewajibannya. Kewajiban di bagi atas dua yaitu:
1.      Kewajiban terbatas: Kewajiban yang tanggung jawabnya diberlakukan kepada setiap orang sama, tidak di beda-bedakan. Contoh: peraturan yang ada di dalam undang-udang.
2.      Kewajiban tidak terbatas: Kewajiban yang tanggung jawabnya diberlakukan kepada semua orang, nilainya lebih tinggi sebab dijalankan dengan suara hati. Seperti keadilan dan kebajikan.

Manfaat tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Menumbuhkan rasa disiplin yang tinggi
  2. Dapat menghargai waktu
  3. Dapat dipercaya oleh orang lain baik dalam sisi pekerjaan ataupun yang lainnya
  4. Kesuksesan cepat di raih
  5. Memperoleh kebahagiaan
  6. Mampu berbuat adil dan mencoba untuk adil

Macam-macam tanggung jawab:
1.      Tanggung jawab terhadap tuhan.
      Tuhan menciptakan manusia bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia yang mempunyai tanggung jawab langsung terhadap tuhan, sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.

2.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri.
      Menuntut kesadaran setiap manusia untuk memenuhi kewajibannya masing-masing dalam mengembangkan kepribadian. Sehingga menghasilkan manusia yang sesuai dengan yang diinginkan.

3.      Tanggung jawab terhadap keluarga.
      Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga yang terdiri dari suami, istri, ayah, ibu, anak-anak, dan orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab juga menyangkut nama baik keluarga. Tanggung jawab merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya.

4.      Tanggung jawab terhadap masyarakat.
      Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain. Selain dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial, manusia sangat membutuhkan manusia lain. Oleh sebab itu manusia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia di sini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam bermasyarakat tersebut. Segala tingkah laku dan perbuatannya di lingkungan masyarakat harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
5.      Tanggung jawab kepada bangsa dan negara.
      Setiap manusia, setiap individu merupakan warga negara dalam suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang telah di buat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Apabila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

Contoh kasus yang saya ambil:
Di dalam suatu keluarga, ayah, ibu dan anak memiliki tanggung jawab masing-masing. Ayah memiliki tanggung jawab mencari nafkah untuk memberi makan keluarganya. Ibu  memiliki tanggung jawab menjaga dan merawat anak-anaknya. Sedangkan anak memiliki tanggung jawab untuk belajar.

Tanggapan:
Setiap seseorang pasti mempunyai tanggung jawab. Hanya saja terkadang manusianya sendiri yang kurang memperhatikannya dan menganggap tanggung jawab adalah sepele. Sehingga tanggung jawab bukan hal yang di wajibkan. Di dalam suatu keluarga, tidak sama tanggung jawabnya. Kita mempunyai tanggung jawab masing-masing. Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran diri kita untuk memenuhi kewajiban.

Sumber:
  1. http://baguspemudaindonesia.blogdetik.com/2011/04/20/manusia-dan-tanggung-jawab/
  2. http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/06/12/mengenal-arti-kata-tanggung-jawab-567952.html 
  3. http://aripsaputra.blogspot.com/2012/05/manusia-dan-tanggung-jawab.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar