Laman

Jumat, 18 April 2014

Evolusi



Adalah proses perubahan makhluk hidup secara kontinu dan membutuhkan waktu yang lama dari bentuk yang sederhana, menjadi bentuk yang lebih kompleks. Diperlukan waktu jutaan tahun agar perubahan tersebut nampak lebih jelas. Terdapat dua macam evolusi:
-       Evolusi Progresif : Evolusi yang menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup.
-       Evolusi Regresif (retrogresif) : Evolusi yang menuju pada kemungkinan menjadi punah.

Teori evolusi makhluk hidup
1.      Anaximender
Bumi pada awalnya merupakan lautan, berkembang menjadi daratan. Para makhluk hidup aquatik pun termodifikasi sehingga dapat hidup di darat. Pada masa transisi pada manusia, terdapat masa"part fish" dan "part human" yang disebut mermen dan mermaid. Penampilan ini ada pada masa dalam embrio selama proses perkembangan. Kemudian, penampilan tersebut akan hilang pada manusia dewasa.   

2.      Jean Baptise Lamarck
Dalam buku berjudul "Philosophic zoologique", Lamarck mengungkapkan ada mekanisme spesifik dalam evolusi organisme disebabkan adaptasi.

3.      Charles Darwin
Dalam buku 1859, dengan judul "on the ofiginof species by means of natural selection" atau "the preservation of favored races in the struggle for life". Darwin mengungkapkan

  • Dasar evolusi organik bukan dari adaptasi lingkungan, melainkan karena seleksi alam dan seksual
  • Seleksi alam berupa "pertarungan" dalam kehidupan, yang kuat akan terus hidup
  • Setiap populasi cenderung untuk tumbuh banyak karena proses reproduksi
  • Untuk berkembang biak, diperlukan adanya makanan dan ruang yang cukup
  • Bertambahnya suatu populasi tidak berjalan terus-menerus

4.      Aristoteles
Mengungkapkan benda hidup berkembang sempurna karena pengaruh kekuatan tertentu, yakni entelecy, dan makhluk hidup di daratan berasal dari makhluk hidup di lautan.

5.      Epicurus
Sependapat dengan Aristoteles bahwa organisme berubah dan berkembang makin kompleks dan makin maju. Namun bukan karena faktor entelecy yang mempengaruhinya, melainkan karena faktor "natural law".

6.      August Weismann
Melengkapi teori evolusi Darwin dengan teori genetika modern. Menurutnya, masalah genetika, yakni soal keturunan bagaimana mewariskan gen-gen melalui sel kelamin.

7.      Alfred Wallace
Memiliki pendapat yang sama dengan Charles Darwin, bahwa spesies yang ada sekarang, berasal dari spesies masa silam yang mampu bertahan hidup.

Bedanya adaptasi dan seleksi alam
Adaptasi
Cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi akan bertahan hidup, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis. Contoh: Jerapah memiliki leher yang pendek. Bagi keturunan jerapah yang dapat beradaptasi baik dengan lingkungan (dapat mengambil makanan di pohon yang tinggi),  leher jerapah akan berkembang menjadi lebih panjang. Jerapah yang telah beradaptasi menjadi leher panjang tersebut, akan mewariskan sifat-sifat kepada keturunannya. Namun sebaliknya, bagi keturunan jerapah yang tidak dapat beradaptasi baik dengan lingkungan, maka ia akan mengalami kemunduran.  

Seleksi alam
Pemilihan yang dilakukan alam untuk memilih makhluk hidup yang dapat terus bertahan hidup dan yang tidak dapat terus bertahan hidup. Makhluk hidup yang terus dapat bertahan hidup akan tetap hidup sedangkan makhluk hidup yang tidak dapat bertahan hidup akan punah. Contohnya: Kepunahan Dinosaurus.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar